Monday, August 11, 2014

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Dewasa ini tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jaringan komputer
Jaringan komputer sering digunakan pada warney atau gedung-gedung kantor perusahaan DLL.

Untuk anda yang belum mengerti apa itu jaringan komputer akan saya jelaskan pada artikel ini.
Baik langsung saja


  • PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah interkoneksi antara 2 komputer autonomous atau lebih,yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wirelees)

autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh, sihingga dapat membuat komputer lain restart,shutdwn,kehilangan file ,atau kerusakan sistem

Dalam definisi networking lain yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independent dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri),memiliki topologi jaringan,hardwere dan softwere sendiri,dan dikoneksikan dengan jaringan autonomous yang lain (internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang sangat besar).

Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling beruikar informasi/data atau sharing file,berbagi resource yang dimiliki ,seperti file,printer,media penyimpanan (hardisk,floppy disk,cd-rom,flash disk,dll). Data yang berupa teks,audio maupun video,bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wirelees) sehingga  memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data,mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardwere/softwere yang terhubung dengan jaringan bersama-sama.

Tiap kmputer,printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan "node" . Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari 2 unit komputer atau lebih,dapat berjumlah puluhan komputer,ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu  sama lain

Demikian pengertian komputer yang bisa saya jelaskan dengan singkat. 
artikel diatas saya buat berdasarkan hasil sekolah saya pada jurusan TKJ = Teknink Komputer dan Jaringan

Tentunya masih banyak kekurangan pada artikel-artikel saya , karena itu untuk kedepannya saya harapkan kritik dan sarannya

Terimakasih

No comments:

Post a Comment

terimakasih sudah membaca blog saya silahkan tinggalkan pesan kritik dan sarannya